Get Adobe Flash player

BERITA

Minimize

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PRAJURIT KOLINLAMIL AKSI BERSIH-BERSIH LINGKUNGAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK

 

Jakarta, 4 Maret 2021 ------  Satya Wira Jala Dharma. Aksi bersih-bersih di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya makin digiatkan agar tercipta lingkungan yang bersih, tertib dan nyaman. Untuk mewujudkan hal itu, Pihak Kecamatan Tanjung Priok bersama instansi terkait melaksanakan bersih-bersih saluran air di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (4/3).

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) pun mengerahkan ratusan prajuritnya terlibat aksi bersih-bersih tersebut, yang dikoordinir Komandan Denma Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar. Lokasi bersih – bersih di area dermaga JICT I Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Para prajurit yang terlibat melakukan bersih-bersih saluran air dan sampah yang mengapung di selokan-selokan.

Petugas beserta prajurit Kolinlamil memungut seluruh sampah yang mengapung kemudian diangkut dengan truk sampah.

Volume sampah akhir-akhir ini meningkat karena musim hujan dan posisi dermaga Mako Kolinlamil yang berada paling pojok sehingga sampah-sampah menumpuk.

Menurut Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab Kolinlamil yang bekerjasama dengan pihak pemerintah kota administratif Jakarta Utara untuk bersih-bersih sampah di Tanjung Priok dengan melibatkan instansi sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

"Saya berharap kegiatan kebersamaan ini terus berlanjut kita lakukan demi menjaga kebersihan lingkungan kita sehingga meminimalisir banjir serta terlihat indah dan bersih," ujar Irvan sapaan akrab Pati berbintang dua dipundak ini.

Selain itu, di Kolinlamil setiap hari dilakukan pembersihan laut oleh tim yang telah ditunjuk. Pembersihan dilakukan setiap pagi dan sore hari.

"Prajurit Kolinlamil selalu melakukan pembersihan sampah di laut sepanjang dermaga Mako Kolinlamil setiap pagi dan sore hari secara bergantian selama dua jam terutama disekitar kolam dermaga Kolinlamil. Setiap hari bisa mengumpulkan lima sampai sepuluh karung sampah plastik," jelas Panglima.

Kawasan Tanjung Priok yang tergolong padat penduduk itu menjadi target aksi bersih – bersih selokan. Camat Tanjung Priok Syamsul Huda yang turut terjun langsung bergabung dengan para prajurit Kolinlamil dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk terjun langsung ke dalam saluran air membersihkan sampah dan lumpur.

Demi terciptanya lingkungan yang baik, seluruh instansi yang terkait dilingkungan Tanjung Priok dan Jakarta Utara sudah seharusnya saling menjaga kebersihan lingkungan, sehingga bilamana musim hujan dengan curah hujan yang intens dapat terminimalisir resiko terjadinya banjir.(Dispen kolinlamil)


 

posted @ Thursday, March 4, 2021 4:21 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page