Get Adobe Flash player

BERITA

Minimize

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DISKOMLEK KOLINLAMIL MELAKSANAKAN LATIHAN OPERASI MATRA LAUT ASPEK KOMUNIKASI

 
JAKARTA, 1 Mei 2019 -------  Dinas Komunikasi dan Elektronika Komando Lintas Laut Militer (Diskomlek Kolinlamil), melaksanakan latihan operasi matra laut aspek komunikasi Triwulan II di Gedung Laut Sulu dan lapangan apel Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/4).

Dalam Perintah Latihan (Prinlat) Pangkolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. menyatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit perorangan guna mencapai kemampuan standar prajurit korps komunikasi sesuai bidangnya. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai meliputi sasaran kuantitatif  yang diarahkan pada seluruh prajurit korps komunikasi Kolinlamil sesuai dengan sasaran pembinaan yang diproyeksikan dalam pembinaan kekuatan Satuan; dan sasaran kualitatif yakni tercapai dan terpeliharanya kemampuan standard prajurit korps komunikasi sesuai bidangnya.

Materi Latihan yang rencananya berlangsung hingga 7 Mei mendatang ini meliputi Prosedur komunikasi taktis, Prosedur sinar bidik, Kibaran bendera isyarat dan Prosedur pengoperasian ACU-1000. Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika (Diskomlek) Kolonel Laut (E) Setiawan Bernadi, S.T., M.Tr. (Hanla), penyelenggaraan latihan komunikasi ini sebagai persiapan menghadapi manuvra lapangan latihan puncak TNI AL “Armada Jaya” dan latihan gabungan TNI. Oleh karena itu kadis berharap para peserta latihan benar-benar mengikuti latihan ini dengan serius sehingga materi yang diberikan oleh para instruktur dapat mereka serap dan pahami. Kadiskomlek juga menyampaikan kepada seluruh peserta latihan saat briefing bahwa tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas operasional dan profesionalisme prajurit korps komunikasi di jajaran Kolinlamil, sehingga dapat mendukung dan meningkatkan kualitas penyajian laporan dan informasi yang cepat, tepat dan aman untuk disajikan sebagai bahan masukan kepada pemimpin dalam mengambil keputusan.

Lebih lanjut dijelaskan, Diskomlek kolinlamil telah memiliki sistem komunikasi interoperability interconnect  acu-1000 yang memberikan kemudahan komunikasi dalam pengendalian bagi pimpinan melalui telephone seluler (hand phone), radio mobile/handy talky, telepon SLJJ, sehingga pimpinan/ Panglima dapat mengendalikan unsur-unsur operasi secara langsung dari Markas Komando.

Latihan komlek ini diikuti oleh 46 orang prajurit Korps Komunikasi Kolinlamil yang terdiri dari perwira pelaut spesialisasi komunikasi dan bintara/tamtama korps Komunikasi. (Dispen Kolinlamil)


posted @ Friday, May 3, 2019 2:34 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page