Get Adobe Flash player

SATLINLAMIL JAKARTA

Minimize

Current Articles | Categories | Search

PERCEPAT BANTUAN TSUNAMI PALU KOLINLAMIL KERAHKAN KRI TELUK MANADO 537

                        

Jakarta, 8 Oktober 2018 ------- Kolinlamil siap menggerakan kapal perangnya untuk mendukung pergeseran bantuan bencana alam yang saat ini dibutuhkan. KRI Teluk Manado 537 melaksanakan embarkasi mengangkut bantuan dari instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk bencana tsunami masyarakat Palu, Sigi dan Donggala. Kapal perang jenis Frosch-I/Type 108 berangkat mengangkut bantuan sosial Palu, Senin (8/10).

Saat ini di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, KRI Teluk Manado 537 telah siap untuk mengangkut bahan bantuan sosial Palu sesuai perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menindaklanjuti perintah langsung dari Presiden Joko Widodo.

KRI Teluk Manado 537 yang dikomandani Letkol Laut (P) Andik Irwanto, M.Tr (Hanla) mengangkut 8 Truck Mabes TNI (ex Halim) berupa barang campuran (pakaian, makanan,air mineral) sejumlah 136.305 ton, Babek Kostrad 2 truk ransum (ABC T2) 701 koli, barang milik mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah berupa barang kontak (makanan dan air mineral) 250 koli dan barang milik Athan Dubes Moskow berupa Tenda 4 set.

Dengan dikerahkannya kekuatan kapal perang milik TNI AL yang salah satunya dari Kolinlamil, diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan pasca bencana tsunami, sehingga masyarakat korban tsunami dapat beraktifitas kembali seperti sediakala.

KRI Teluk Manado 537 adalah salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut jenis LST yang aktif dalam melaksanakan tugas operasi Serpas di bawah pembinaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

KRI Teluk Manado 537 dibangun oleh VEB Peenewerft, Wolgast, Jerman Timur pada tahun 1977 untuk Angkatan Laut Jerman Timur dengan nomor lambung 633.

Kapal berjenis Frosch-I/Type 108 ini kemudian dibeli pemerintah untuk TNI Angkatan Laut dan masuk armada pada tahun 1995. KRI Teluk Manado (537) bertugas sebagai armada pendarat bagi pasukan Marinir TNI AL dan juga sebagai kapal pengangkut logistik dan saat ini KRI Teluk Manado 537 berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil Jakarta) Komando Lintas Laut Militer.

KRI Teluk Manado memiliki berat 1,900 ton. Dengan dimensi 90,70 meter x 11,12 meter x 3,4 meter.

Kapal armada pendarat dan pengangkut logistik ini (KRI Teluk Manado 537) dibekali senjata pertahanan diri berupa 1 kanon laras ganda kaliber 37 mm Model 1939, 1 Meriam Bofors 40/70 berkaliber 40 mm dengan kecepatan tembakan 120 – 160 rpm, jangkauan 10 Km untuk target permukaan terbatas dan target udara serta 2 kanon laras ganda kaliber 25 mm. (Dispen Kolinlamil).

Demikian Berita Dinas Penerangan Kolinlamil.

Keterangan Foto : Proses embarkasi truk yang membawa bantuan sosial bencana tsunami ke KRI Teluk Manado 537 yang berangkat dalam rangka mendukung pergeseran bantuan sosial ke Palu. (Dispen Kolinlamil).


 

posted @ Tuesday, October 9, 2018 1:55 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page