Get Adobe Flash player

BERITA

Minimize

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PANGLIMA KOLINLAMIL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

 



JAKARTA, 1 Juni 2019 -------   Hari ini, tanggal 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini juga dilaksanakan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan upacara yang dipimpin Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (KH) Saleh yang sehari-harinya menjabat sebagai Paban Staf Intelijen Kolinlamil.

Hari Lahir Pancasila ditetapkan merujuk pada pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato itulah lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pangkolinlamil  yang menyampaikan amanat Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Hariyono mengatakan Hari Pancasila ini sebagai hari bersejarah yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Menurutnya, pemahaman terhadap Pancasila sebagai ideologi, dasar negara juga falsafah hidup bangsa Indonesia dapat mempererat kehidupan berbangsa yang terdiri dari berbagai suku dan agama.

“Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara bagi Bangsa Indonesia. Walaupun sebagai bangsa, masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keIndonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini” tutur Pangkolinlamil menyampaikan amanat Kepala BPIP. Lebih lanjut disampaikan, Pancasila suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi, sekaligus pengamalan nilai-nilai pancasila, harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Keputusan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila itu diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada Mei tahun 2016 lalu. Dan Komitmen pemerintah untuk menguatkan Pancasila sudah jelas dan kuat dengan telah diundangkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Upacara peringatan kelahiran Pancasila di Kolinlamil diikuti para pejabat Kolinlamil dan seluruh prajurit serta ASN jajaran Kolinlamil.

Upacara peringatan Hari lahirnya Pancasila ini  juga dilaksanakan di Mako Satlinlamil Surabaya dipimpin oleh Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto. (Dispen Kolinlamil).


 

posted @ Saturday, June 1, 2019 2:31 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page