Get Adobe Flash player

BERITA

Minimize

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KASKOLINLAMIL TINJAU DOCKING KRI TANJUNG KAMBANI 971

  

Jakarta, 3 April 2018 ----- Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil) Laksma TNI Irwan Achmadi, M. Tr (Han) mewakili Pangkolinlamil yang didampingi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas meninjau KRI Tanjung Kambani 971 yang sedang docking di  PT Janata Marina Indah-I di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (3/4).

Kaskolinlamil tiba di lokasi perusahan galangan nasional ini dengan disambut Kepala Divisi Produksi Ir. H. Hartono, M.T. dan staf di Kantor PT Janata Marina Indah-I.

Saat dilokasi perusahaan galangan kapal nasional tersebut, Kaskolinlamil disampaikan beberapa penjelasan tentang K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan) oleh salah seorang staf dan juga profil perusahaan oleh Kepala Divisi Teknik Sudarto. Kaskolinlamil juga melihat sejumlah fasilitas di lokasi galangan yang beroperasi tahun 1982 ini seperti fasilitas permesinan, workshop pemotongan plat, graving dock yang pada tahun 1998 berhasil meraih sertifikat ISO 9002 / 94 dari badan Sertifikasi American Bureau of Shipping (ABS) Quality Evaluations, Inc. dari Amerika sebagai wujud dari komitmen perusahaan dalam memasuki era globalisasi.

Di galangan kapal itu, mantan Dirdok Kodiklatal ini berjalan melihat pembuatan beberapa buah kapal. Selain juga menginspeksi KRI Tanjung Kambani 971 yang sedang dalam proses perbaikan.

“Kunjungan ini sekaligus untuk meninjau situasi PT Janata Marina Indah-I, karena ada perbaikan KRI Kolinlamil,”kata Kaskolinlamil disela-sela kunjungannya.

Pihak perusahaan menjelaskan, sejak berdiri hingga sekarang, sudah puluhan unit kapal dengan berbagai tipe dan ukuran, baik kapal pemerintah maupun swasta.

Janata Marina Indah-I memiliki 2 galangan, yang kesemuanya berada di Semarang. JMI telah meningkatkan fasilitas galangan sejak 1985. Building dock semula hanya berukuran 21,5 meter x 82 meter diperpanjang menjadi 21,5 meter x 102 meter sehingga kapasitas meningkat dari 2.250 ton menjadi 7.000 ton. Graving dock juga diperpanjang dari ukuran semula 20 meter x 90 meter dengan kapasitas 3.000 ton menjadi 25 meter x 110 meter sehingga kapasitasnya juga meningkat menjadi 8.000 ton. Selain perluasan bangunan dok, juga dibangun bengkel plat, mesin dan listrik. Penambahan mobile crane, wharf crane dan peralatan lainnya menjadikan JMI sebagai galangan pembangun dan perbaikan kapal yang patut diperhitungkan dalam industri perkapalan nasional.

Dalam kunjungan tersebut Kaskolinlamil didampingi Asisten Logistik Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Bambang H. Witjaksono, Kepala Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kadisharkap) Kolinlamil Kolonel Laut (T) Vendri Dwi Tjahyono, S.E., M.M., Kepala Dinas Material dan Perbekalan (Kadismatbek) Kolinlamil Kolonel Laut (T) T.M. Sitanggang  serta Komandan KRI Tanjung Kambani 971 Letkol Laut (P) Ropitno.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kolinlamil

Keterangan Foto 1 : Kaskolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi saat sedang melaksanakan peninjauan di galangan kapal PT Janata Marina Indah

Keterangan Foto 2 : Kaskolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi berfoto bersama dengan pihak PT Janata Marina Indah Semarang.


posted @ Tuesday, April 03, 2018 3:59 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page