Get Adobe Flash player

SATLINLAMIL JAKARTA

Minimize

Current Articles | Categories | Search

KOLINLAMIL MENJADI DESTINASI EDUKASI BAHARI BAGI PELAJAR USIA DINI

   
 

Jakarta, 30 Januari 2018 ------- Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) terus membuka kesempatan bagi masyarakat khususnya pelajar yang ingin mengadakan kunjungan edukasi bahari. Kesempatan tersebut diberikan untuk menumbuhkan dan menanamkan jiwa dan karakter kebaharian kepada para pelajar.

Seperti yang dilakukan pelajar Raudhatul Athfal atau Taman Kanak Kanak se-Kecamatan Koja, Jakarta dengan mengunjungi salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 yang berada di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang saat ini tengah bersandar di dermaga Kolinlamil, Selasa (30/1).

KRI Banda Aceh 593 adalah kapal Landing Platform Dock dan merupakan buatan dalam negeri yang memiliki tugas pokok mendukung operasi angkutan laut militer baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dalam kunjungan tersebut, para pelajar usia dini mendapat penjelasan tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil secara umum, garis besar KRI Banda Aceh 593 yang dikunjungi, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang.

Panglima Kolinlamil, Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E. menyebutkan, pihaknya siap mendukung kebijakan pemerintah dalam mewujudkan poros maritim yang salah satunya menumbuhkembangkan budaya maritim dan bahari kepada masyarakat sejak usia dini.

Dukungan Kolinlamil dalam mewujudkan budaya maritim kepada masyarakat dengan membuka kesempatan untuk berkunjung ke Markas Kolinlamil yang memiliki kapal-kapal perang untuk dilihat dan dikenali sebagai salah satu bagian dari pengetahuan wawasan kekuatan maritim Negara.

Maka dari itu, seyogyanya pemerintah perlu mengadakan Kurikulum Kemaritiman agar karakter maritim terpatri pada anak-anak usia dini hingga SMA dan sederajat. Pemerintah melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud RI, perlu menyusun dokumen-dokumen terkait Kurikulum Kemaritiman, meliputi Naskah Akademik Kurikulum Kemaritiman, Silabus Kurikulum Kemaritiman, dan Panduan Implementasi Kurikulum Kemaritiman..

 

 

Pada kegiatan tersebut, para pelajar Raudhatul Athfal dari 4 sekolah yang berjumlah 216 bersama 31 guru dibagi menjadi dua kelompok besar. Secara bergantian setiap kelompok diberi kesempatan memasuki kapal dan berkeliling untuk melihat-lihat alat dan perlengkapan navigasi, peralatan bahari serta persenjataan yang berada di kapal KRI Banda Aceh 593.

Para pelajar juga dijelaskan secara singkat oleh pemandu dari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Kolinlamil dengan bahasa pelajar usia dini tentang bagian-bagian kapal perang beserta fungsinya masing-masing serta persenjataan yang ada di kapal perang.

Mereka mengaku sangat senang. Banyak dari mereka yang mengutarakan pertanyaan seputar kapal perang hingga bagaimana untuk menjadi TNI AL dan tak sedikit dari mereka yang  inginmenjadi TNI AL.

Selain pengenalan kapal, kata, pihaknya juga memberikan wawasan kebaharian dan kemaritiman bagi para pelajar bahwa nenek moyang Indonesia adalah pelaut yang mampu menjelajah lautan sampai ke luar wilayah nusantara.

"Untuk tingkat anak-anak play group dan TK, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal angkatan laut ini dimaksudkan sebagai salah satu program tujuan ke tempat-tempat yang bernilai sejarah dan mengandung nilai edukasi," terangnya.

Siti Asma, S.Pd., koordinator acara dalam kunjungan wisata ke KRI ini mengatakan bahwa dengan mengunjungi kapal perang, siswa mendapatkan penjelasan langsung dari para Perwira KRI dan ABK. Hal tersebut selain dapat menambah ilmu dan pengetahuan murid murid juga dapat menciptakan pengalaman yang mengesankan dan menambah jiwa kebaharian serta nasionalisme pelajar.

 “Terus semangat belajar ya adik-adik, raih cita-citamu setinggi mungkin”. Kata Komandan KRI Banda Aceh Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. (Dispen Kolinlamil).

Demikian Berita Dinas Penerangan Kolinlamil

 

Keterangan Foto : Pelajar Raudhatul Athfal se-kecamatan Koja Jakarta Utara berkunjung ke salah satu Unsur Kolinlamil KRI Banda Aceh 593 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok.


posted @ Tuesday, January 30, 2018 4:16 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page