Get Adobe Flash player

BERITA

Minimize

Current Articles | Categories | Search | Syndication

JABATAN KOMANDAN SATLINLAMIL JAKARTA DAN SURABAYA DISERAHTERIMAKAN

  

Jakarta, 12 Februari 2018 ------- Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Yudo Margono, S.E. memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Lintas Laut (Satlinlamil) Jakarta dan Surabaya dalam upacara militer, di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/2).

Tongkat jabatan Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya yang diserahterimakan, yaitu Komandan Satlinlamil Jakarta dari Kolonel Laut (P) Sigit Santoso kepada Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto dan Komandan Satlinlamil Surabaya dari Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto kepada Kolonel Laut (P) Sigit Santoso.

Kegiatan Sertijab Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya ini, diawali dengan upacara militer yang diikuti oleh seluruh jajaran Kolinlamil. Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (P) Ropitno yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan KRI Tanjung Kambani 971.

Kolonel Laut (P) Sigit Santoso sebelumnya menjabat Komandan Satlinlamil Jakarta adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 39 Tahun 1993 yang pernah mengikuti Pendidikan Reguler XLIII Sesko TNI 2016. Pamen dengan tiga melati dipundak ini lahir di Madiun, 47 tahun yang lalu dan memiliki spesifikasi keahliannya dalam bidang operasi dan latihan. Sebagai seorang Pelaut, Pamen yang juga mantan Dan Lanal Sangatta ini banyak berdinas di lingkungan Komando Armada Timur yaitu sejak 1993 berpangkat Letda hingga Kolonel tahun 2014 sebagai Komandan KRI Yos Sudarso 353 Satkor Koarmatim..

Sedangkan Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto adalah juga alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan-39 tahun 1993 dan telah melaksanakan berbagai penugasan antara lain menjadi Palaksa KRI Teluk Lampung (TLP)-540 Kolinlamil, Komandan KRI Sigurot (SGR)-864 Satrol Armabar, Komandan KRI Teluk Bone (TBO)-511 Kolinlamil, Pasops Satlinlamil Jakarta, Komandan KRI Teluk Bone 511, Komandan Lanal Denpasar dan Asops Lantamal VII Kupang.

Pangkolinlamil Laksda TNI Yudo Margono, S.E. mengatakan Sertijab dilingkungan TNI AL merupakan proses alamiah yang selalu terjadi, selain merupakan regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, lebih dari itu diarahkan agar organisasi dapat berjalan lebih dinamis dalam menjawab tantangan tugas ke depan.

“Sertijab Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya diharapkan membawa semangat baru di lingkungan Kolinlamil serta akan muncul penyegaran ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif sehingga secara komprehensif mampu menghasilkan output yang lebih berkualitas” jelas Panglima Kolinlamil.

Pada kesempatan itu, ia minta kepada seluruh personil Kolinlamil, baik Satlinlamil Jakarta maupun Surabaya, agar meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan unsur-unsur di bawah binaan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya, tingkatkan terus hubungan dengan komando samping guna menunjang kelancaran tugas-tugas yang diemban dan tingkatkan kinerja maupun disiplin serta dukungan penuh kepada Dansatlinlamil Jakarta dan Surabaya yang baru.

“Keberhasilan di dalam melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan unsur, merupakan kunci bagi terlaksananya tugas pokok kolinlamil secara keseluruhan,” tandas Pangkolinlamil.

Sementara itu usai upacara, Panglima Kolinlamil yang menemui para awak media, mengucapkan selamat hari pers nasional yang jatuh 9 Februari 2018 (Jumat lalu) dan menegaskan bahwa Media adalah mitra TNI/TNI AL, baginya media adalah mitra dalam membangun bangsa, apalagi media juga sangat membantu dalam menyampaikan keberhasilan-keberhasilan operasi yang dilaksanakan oleh TNI AL.

 

“Media adalah mitra TNI AL dalam hal ini Kolinlamil, sejak saya menjabat Komandan diberbagai satuan dan juga saat saya Komandan Pangkalan, media selalu mendukung dalam hal pemberitaan yang positif tentunya dan untuk Kolinlamil agar lebih meningkat lagi pemberitaannya,” ujarnya.

 

Kemudian disisi lain terkait Penataan Kawasan Danau Sunter, Kolinlamil yang menjadi pelopor dalam pemanfaatan kawasan tersebut, Pangkolinlamil menyatakan bahwa sesuai dengan program pemerintah DKI Jakarta (Khususnya Pemda Jakarta Utara) tentang penataan Kawasan Danau Sunter, pihaknya sangat mendukung dan selalu siap untuk membantu dalam program-program yang akan dilaksanakan terutama pemanfaatan Danau Sunter menjadi pusat latihan olahraga air.

“Kolinlamil mendukung penuh penataan kawasan Danau Sunter, terutama untuk pemanfaatan sebagai pusat olahraga air dan ini sudah dilakukan Kolinlamil dalam upaya menjadikan Danau Sunter sebagai sarana latihan olahraga air seperti Dayung dan Ski air” tegasnya.

Rangkaian kegiatan Sertijab Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya ini, juga dilanjutkan dengan serah terima jabatan Asisten Intelijen (Asintel) Pangkolinlamil Asisten Intelijen (Asintel) Pangkolinlamil dari Kolonel Laut (E) Jalasena Satriyawirya kepada Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P., Kepala Dinas Keuangan (Kadisku) dari Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi Arifin kepada Kolonel Laut (S) Sapardi dan Pengukuhan jabatan Kadispen kepada Mayor Laut (P) Laode Muhamad Holib di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil.

Seperti diketahui, Kolinlamil Sebagai Kotama Operasional, bertugas menyelenggarakan angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan bantuan angkutan Laut lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI. Kolinlamil juga mengemban fungsi menyelenggarakan bantuan angkutan laut nasional dalam rangka bakti TNI membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan kemanusiaan serta melaksanakan angkutan laut dalam rangka menunjang program pembangunan nasional juga melaksanakan pencarian dan penyelamatan (SAR) di laut.

 

Sebagai contoh, Tahun 2015, Kapal perang Kolinlamil dari jenis Landing Platform Dock yakni KRI Banda Aceh-593 pernah berada di Dermaga Pearl Harbour Hawaii, Amerika Serikat dalam rangka mengikuti latihan Multilateral Rim of The Pasific (Rimpac) bersama 23 negara, sebelumnya KRI Banjarmasin-592 juga telah berhasil melaksanakan latihan bersama Multilateral Exercise in The Non Traditional Security Field di Qingdao (Tiongkok) serta sukses mendukung Satgas  Kartika Jala Krida (KJK) 2014 yang diikuti taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II Angkatan 61 ke Busan (Korea), Sasebo (Jepang) dan manila (Philipina) yang kesemuanya dalam rangka mewujudkan cita-cita sebagai Angkatan Laut Indonesia yang berkelas Dunia (World Class Navy)..

 

Dalam pelaksanaan operasi sepanjang tahun 2017 Kolinlamil telah mendukung pergeseran pasukan ke seluruh wilayah NKRI untuk Serpas Pengamanan Daerah Rawan/Pamrahwan, Pengamanan Perbatasan/Pamtas dan Pengamanan Pulau Terluar/Pamputer. Sedangkan kegiatan bakti lainnya diantaranya mendukung Hari Dharma Samudera, Latihan Exercise Eagle Indopura, Latihan MNE Komodo 2016, latihan Malindo Darsasa, mendukung pelayaran KJK Luar negeri AAL, rencana akan mengikuti MNEK Mei 2018 Lombok, Latihan RIMPAC 2018  dan sebagainya.

 

Terkait dengan penanggulangan keadaan bencana, Kolinlamil kerap melibatkan dengan menggerakkan unsur/KRI ke lokasi bencana dengan mengirim bantuan baik personel maupun material. Mulai tsunami Nangroe Aceh Darussalam (NAD) pada akhir 2004, gempa Padang yang terjadi tahun 2009, gempa Mentawai 2010 dan Penanggulangan kebakaran hutan di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan 2015 lalu. Bahkan Markas Komando Kolinlamil dijadikan sebagai pos komando utama penanggulangan bencana tersebut. Dan yang terakhir Kapal perang Kolinlamil KRI Banda Aceh 593 mendukung kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 ke wilayah timur Indonesia seperti, Sorong, Pulau Saumlaki dan Kupang.      

 

Sedangkan beberapa kegiatan lainnya dalam penyelenggaraan OMSP, Kolinlamil dengan unsur/KRI binaannya baik di jajaran Satlinlamil Surabaya maupun Jakarta, setiap tahunnya selalu mengoperasikan beberapa KRI untuk mendukung kegiatan bakti sosial dan kesehatan. Misalnya Operasi Surya Bhaskara Jaya, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB), Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara, Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB), Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI) dan pembinaan Pramuka Saka Bahari serta Program Bela Negara untuk para Santri. Kolinlamil juga mendukung pemerintah dalam hal penyediaan sarana transportasi mudik lebaran.

 

Selain itu, pada saat Unsur/KRI berada dipangkalan, Kolinlamil membuka kesempatan kepada Masyakat dan para pelajar mulai dari tingkat TK hingga ke Perguruan tinggi untuk berkunjung ke KRI, belajar tentang kebaharian dan kemaritiman maupun Keangkatanlautan. (Dispen Kolinlamil)

Demikian Berita Dinas Penerangan Kolinlamil

 

Keterangan Foto 1 : Pangkolinlamil Laksda TNI Yudo Margono, S.E. salam komando dengan Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto dan Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Sigit Santoso usai upacara sertijab di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Keterangan Foto 2 : Upacara sertijab Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

posted @ Tuesday, February 13, 2018 6:20 AM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page