Get Adobe Flash player

BERITA

Minimize

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOLINLAMIL PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

 
    Jakarta, 1 Juni 2017 -------- Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini juga dilaksanakan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan upacara yang dipimpin Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. di Lapangan apel Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/6). Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo yang sehari-harinya menjabat sebagai Paban Ops Sops Kolinlamil.

Hari Lahir Pancasila ditetapkan merujuk pada judul pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato itulah lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pangkolinlamil  yang menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Pancasila ini sebagai hari bersejarah yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Menurutnya, pemahaman terhadap Pancasila sebagai ideologi, dasar negara juga falsafah hidup bangsa Indonesia dapat mempererat kehidupan berbangsa yang terdiri dari berbagai suku dan agama.

"Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Ke-Bhineka Tunggal Ika-an kita" tutur Pangkolinlamil menyampaikan amanat Presiden.

 

Lebih lanjut disampaikan, Gagasan mantan Presiden Soekarno tentang dasar negara yang disampaikan didepan Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945 oleh Ir. Soekarno diberi nama Pancasila dan menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi negara sekaligus ditetapkan sebagai hari kelahiran Pancasila.

Keputusan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila itu diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada Mei tahun 2016 lalu. Dan Komitmen pemerintah untuk menguatkan Pancasila sudah jelas dan kuat dengan telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Upacara peringatan kelahiran Pancasila di Kolinlamil diikuti para pejabat Kolinlamil dan seluruh prajurit jajaran Kolinlamil baik dari staf maupun unsur.

Begitupun jajaran Satlinlamil Surabaya juga turut melaksanakan upacara kelahiran ideologi negara Pancasila yang dipimpin langsung Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Aries Cahyono, S.E. serta diikuti seluruh prajurit jajaran Satlinlamil Surabaya.. (Dispen Kolinlamil)

Keterangan Foto : Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. saat menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

                                            

 

posted @ Monday, June 05, 2017 2:33 PM by Dispen Kolinlamil

Previous Page | Next Page